Intip Sukses Barbilla Snack, Favorit Masyarakat Tuban yang Dipasarkan di 60 Gerai Indomaret

Kamis, 28 Maret 2024
Intip Sukses Barbilla Snack, Favorit Masyarakat Tuban yang Dipasarkan di 60 Gerai Indomaret

PT Indomarco Prismatama (Indomaret) menunjukkan dukungannya untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya dengan memasarkan produknya di gerai – gerai Indomaret. Wahyu Pujiatno (50), mantan karyawan swasta ini, merupakan salah satu pelaku UMKM yang sukses mengembangkan usahanya bersama Indomaret. Wahyu menamai produknya Barbilla Snack di mana produk yang ia pasarkan adalah rengginang dan kerupuk rambak sapi.

“Mulanya, saya mengikuti kurasi pertama yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kabupaten Tuban. Kemudian setelah memenuhi persyaratan dari Dinas dan Indomaret, produk saya bisa dijual di gerai – gerainya Indomaret,” kata pria asal Tuban, Jawa Timur ini.

Tak mudah bagi Wahyu untuk memulai suatu usaha. Walaupun bahan baku melimpah, mudah diperoleh dan memiliki peluang pasar yang besar, namun ada suatu kendala untuk memproduksi Barbilla Snack, yakni cuaca. Musim penghujan merupakan kendala bagi Wahyu karena proses penjemuran rengginang dan kerupuk rambak sapi ini memerlukan panas matahari hingga benar – benar kering.

Namun hal ini tidak menyurutkan ketekunan Wahyu menggeluti usaha yang dirintisnya sejak 2015. Ia selalu menjaga kebersihan kemasan, melengkapi legalitas produk (PIRT dan halal), dan menawarkan harga yang bersaing dengan produk – produk sejenis. “Saat ini produk rengginang terasi menjadi unggulan Barbilla Snack. Per harinya, bisa diproduksi 40 – 60 kg rengginang untuk memenuhi permintaan pasar,” ujar Wahyu sumringah

Bermitra dengan Indomaret meningkatkan perekonomian Wahyu hingga menaikkan omzet penjualannya 75 persen dari sebelumnya. Sebelum bermitra dengan Indomaret, Wahyu memasarkan produknya ke toko – toko kecil. Namun kini, produk Barbilla Snack dapat ditemukan di 60 gerai Indomaret di Tuban. “Bermitra dengan Indomaret merupakan satu kebanggan tersendiri bagi saya, karena Indomaret hampir ada di seluruh Indonesia. Tentunya hal ini dapat menaikkan branding dan penjualan dari Barbilla Snack,” imbuh Wahyu.

Ke depannya, Wahyu berencana menambah varian keripik dan kerupuk yang diproduksinya. Ia juga berharap, produk – produk Barbilla Snack semakin merambah ke gerai – gerai Indomaret di Jawa Timur. Pada akhir pertemuan, Wahyu memberikan semangat untuk para pelaku UMKM. “Semua masyarakat yang ingin memulai membuka usaha, niat utamanya harus berani mencoba dan tekun. Juga jangan lupa untuk terus berinovasi.” tutupnya.

 

 

 

 

 

Image